Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil, dan Mulai dari sekarang....!!! -aa Gym-

Senin, 04 Juni 2012

Tips USM STAN



Sebelumnya saya akan memberitahukan bahwa saya adalah lulusan SMA N 1 Purworejo tahun 2010 dan saya diberikan nikmat oleh ALLAH S.W.T berupa bisa diterimanya saya di USM STAN 2011 (berarti telah mengikuti ajang perhelatan USM STAN 2 kali donk, jawabanya alhamdulilah iya bener sekali, hhe2…). Itu salah satu nikmat  diantara sangat banyak nikmat yang telah ALLAH S.W.T berikan kepada saya. Ya baik, sesuai judul di atas saya akan mencoba berbagi tentang tips USM STAN yang pastinya versi saya. Jadi silakan saudara pilah-pilah hal mana yang sesuai dan hal mana yang kurang sesuai dengan jalan pikiran saudara. Karena semua hal itu adalah pilihan.

Berikut sajian menu Tips USM STAN versi saya:

1.      Meyakinkan diri sendiri
               Langkah ini adalah cikal bakal dari sumber spirit saudara untuk lebih dekat dalam menatap gerbang USM STAN yang pastinya sangat saudara nanti-nantikan. Coba saudara meyakinkan secara sukarela bahwa STAN adalah pilihan yang tepat untuk saudara. Bayangkan hal-hal indah yang bisa dilakukan kalau saudara berhasil diterima di STAN.

2.      Meminta ridho orang tua
               Disini cobalah saudara berusaha secara iklas menggalang keridhoan orang tua secara penuh alias tidak setengah-setengah. Dan yakinkan kepada orang tua bahwa saudara memang bener-bener berniat untuk mengikuti USM STAN dengan harapan bisa mendapatkan satu kursi untuk berkuliah di STAN.

3.      Memelihara kepercayaan diri
               Walaupun pesaing dalam USM STAN itu cukup banyak tetapi saudara harus menyadari bahwa setiap calon peserta yang lain itu juga merasakan hal yang sedang saudara alami, seperti : merasa minder karena saingannya banyak, kurang percaya diri bisa melewati nilai mati USM nga, materi yang harus dipelajari banyak, dll. Intinya saudara harus yakin pada diri sendiri bahwa saudara telah siap untuk menghadapi USM nanti. Ingat saudara bahwa setiap peserta USM itu sama dalam menikmati proses USM STAN, harus menghadapi soal 180 butir dalam 150 menit; harus sering-sering membuka web STAN demi mendapatkan info terbaru; dll.

4.      Menghimpun dan mengakrabkan doa
               Saudara harus meyakini bahwa ketika saudara akan mengikuti USM STAN itu adalah salah satu masa dimana saudara harus lebih kerja ekstra dalam menghimpun dan mengakrabkan doa. Himpunlanlah doa itu dari setiap orang yang bisa secara iklas menebarkan butiran-butiran doa untuk saudara. Dan mengakrabkan diri dengan doa melalui jalan saudara selalu menyertakan kehadiran doa disetiap langkah saudara dalam mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan USM STAN.

5.      Meninggalkan zona nyaman
               Menjelang USM STAN saudara harus menyadari bahwa di luar sana sangat banyak calon peserta USM STAN yang juga tak kalah antusias dibandingkan saudara. Oleh karena itu, kalau saudara memang mau berhasil maka harus bekerja lebih keras dibandingkan calon peserta yang lain. Salah satu caranya adalah meninggalkan zona nyaman saudara, hal yang saya usulkan : menghentikan atau setidaknya mengurang kegiatan saudara di jejaring sosial (facebook, kaskus, dll), menambah porsi belajar yang menyangkut USM STAN, dan kurangi waktu saudara untuk bermain. Setidaknya disini saudara harus menunda kesenangan terlebih dahulu demi tercapainya sebuah kebahagiaan.

6.      Membuat alarm impian
               Cobalah saudara untuk menceritakan impian saudara masuk STAN kepada sahabat-sahabat saudara yang bisa dipercaya untuk menjadi alarm pengingat impian saudara itu. Dalam artian sahabat-sahabat saudara tersebut akan membunyikan alarmnya dengan mengingatkan saudara ketika saudara terlelap dalam mempersiapkan USM STAN. Sehingga dengan adanya alarm itu saudara akan terbangun dan siap kembali dalam menghadi nikmat persiapan USM STAN.

7.      Menyadari kapan hari H datang
               Buatlah kalender pribadi khusus menyangkut USM STAN. Kalender itu dimulai dari tanggal pembuatanya hingga hari H USM STAN. Dan rencanakan setiap hari yang harus saudara lakukan di dalam hari-hari yang ada di kalender pribadi saudara tersebut. Usahakan hari yang telah lewat di dalam kalender itu diberikan tanda sehingga bisa semakin saudara sadari seberapa lama lagi USM STAN akan dimulai.

8.      Mengidentifikasi soal USM STAN
Soal USM STAN ada 180 butir soal yang terdiri dari : 120 butir soal TPA dan 60 butir soal TBI yang harus saudara kerjakan dalam waktu 150 menit. Cobalah saudara untuk memahami diri saudara bahwa saudara itu lebih mampu di bagian soal mana dan kurang begitu mampu di bagian soal yang apa. Dari situ saudara bisa mengoptimalkan di bagian soal yang menurut saudara lebih mampu untuk dikerjakan. Hal yang terpenting disini saudara harus bisa menyakinkan kepada diri sendiri bahwa saudara mampu untuk melampoi nilai mati (1/3 bagian soal). Di USM 2011 setiap bagian soal TPA dan TBI telah ditetapkan batas waktunya hal ini berbeda dengan USM 2010 yang saya alami.

9.      Usaha eksternal
               Usaha eksternal yang saya maksud disini seperti : mengikuti bimbel USM STAN tetapi jangan beranggapan bahwa dengan bimbel berarti lebih siap karena bagaimanapun setiap individu mempunyai seni tersendiri dalam belajar; hindari hal-hal yang bisa membuat saudara untuk melakukukan kecurangan dalam USM karena apabila ketahuan (99% akan ketahuan) pasti saudara tidak akan bisa menikmati indahnya bangku perkuliahan di STAN intinya saudara harus mengikuti aturan main USM secara benar; mencari link mahasiswa STAN setidaknya menanyakan pengalamannya dalam menghadapi USM STAN; menuliskan dalam buku pribadi menyangkut kata-kata positif yang bisa memacu saudara lebih semangat dalam menghadapi USM seperti:”saya harus keterima di STAN tahun ini karena ALLAH S.W.T”, dsb ; DLL.

10.   Perhatikan hal-hal sepele
               Beberapa hal sepele tersebut antara lain : membawa jam tangan ketika USM berlangsung, mempersiapkan alat tulis dan diusahakan lebih, pakaian sopan dan nyaman menurut saudara, datang tepat waktu lebih baik datang lebih awal, malam hari H jangan begadang karena soal-soal USM memperlukan penalaran yang lumayan, makan secukupnya sebelum USM, dll.

11.   Sadari pertandingan final hanya sekali
               Pertandingan final disini saya ibaratkan USM STAN, bagaimana saudara menghadapi final itu hanya akan sekali saja dalam kondisi seperti sekarang ini. Dan ingat saudara bahwa di pertandingan final pasti akan di dapatkan juara yang akan membuat sejarah baru. Serta saudara harus yakin bahwa saudara bisa menjadi juara dalam USM STAN nanti.

Sepertinya Tips USM STAN dari saya cukup yaa, saya tunggu kehadiran saudara untuk bergabung dan bersama-sama dalam memajukan almamater STAN. Pesan saya intinya temen-temen semua harus berani membayar impian temen-temen untuk masuk STAN dengan perjuangan dan doa yang membara sehingga mampu membakar semangat temen-temen semua.

Terima kasih

Saudaramu, 5 Juni 2012


       Aang Fauzan

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites