Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil, dan Mulai dari sekarang....!!! -aa Gym-

Selasa, 24 Juli 2012

Yaaaaaa.... Inilah USM STAN..!



Kali ini ane akan menampilkan cerita menarik menyangkut perjuangan untuk mendapatkan bangku kuliah di STAN. Tak sengaja ketika “bermain” ke kaskus ane nemu cerita ini gan dan ane copast deh, hehe (tapi udah ijin sedot kokk, hehe).
Yang pertama dari agan jennal yang mengusung judul:
keterima STAN, itu keberuntungan ato karena do'a ibu? ato hikmah dari berbagi?
Langsung di cekibrot aja ni….

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Sebelumnya perkenalkan nama saya jainal (jennal), asal jogja.
sesuai dengan judul diatas, saya akan berbagi pengalaman bagaimana saya mencari sekolah yang menurut saya sangatlah sulit bagi seorang lulusan STM (SMK)
Dulu saya bersekolah di salah satu STM/SMK negeri di jogja. saya memilih SMK ketimbang SMA karena dulu saat lulus SMP kondisi keuangan orangtua saya fluktuatif gan. kalo SMA kan musti kuliah, tapi kalo di SMK masih ada harapan kalau seumpama tidak meneruskan sekolah. Dan pada waktu itu saya galau dalam memilih sekolah, tetapi akhirnya di hari dan jam-jam terakhir pendaftaran saya menentukan untuk mendaftar sekolah di SMK/STM (untung cpt2 daftar karna udah mo tutup pndftaran smua gan.). saya mengambil jurusan teknik komputer dan jaringan di sekolah tersebut.
Setelah 3 tahun saya sekolah di SMK/STM, akhirnya saya dinyatakan lulus, tapi tidak untuk SNMPTN undangan (pengumuman kelulusan dengan pengumuman SNMPTN undangan hampir bareng). saya saat itu memilih jurusan akuntansi dan menejemen di UNDIP dan UNS. Bagi orang lain pasti bertanya-tanya, “ni orang, gila ya?”, mungkin karena background saya dari lulusan SMK/STM kemudian ingin banting Stir ke IPS (akuntansi/ menejemen) yang kalau kita tahu jurusan itu di PTN tersebut mempunyai Passing grade yang paling tinggi. Ini yang saya alami, teman dan guru saya minta agar tidak mengambil jurusan itu. Singkat cerita, saya akhirnya tidak lolos untuk SNMPTN undangan.
Kemudian setelah SNMPTN undangan, saya mencoba mendaftar SNMPTN tertulis. Dan lagi lagi saya memilih jurusan akuntansi dan menejemen di UNDIP dan UNS juga. (Karena menurut saya, itu bidang saya dan untuk menjadi enterprenaur jurusan itu sangatlah cocok). Waktu itu saya tes di solo, dan saat itu juga saya nglaju untuk ke lokasi tes(dari jogja gan, jauh bgt). Tetapi setelah sekitar 3 minggu saya menunggu hasil, hanya nihil yang saya dapatkan.
Saya tidak akan menyerah untuk mencari sekolah. Awal juli saya daftar PMB UNY dan tetap memilih akuntansi dan menejemen. Saat itu, soal yang diberikan tidak berbobot yaitu betul 1 dan salah 0, dan saya tidak membaca perintah itu. saya hanya jawab yang saya bisa, karena dari pengalaman SNMPTN saya menjawab semua tetapi banyak yang salah dan -1. makanya saya tidak mau mengulangi kesalahan lagi dengan menjawab sebisanya (eh ga taunya salah = 0 dan betul = 1, kalo tau gitu kan saya ngjawab semua dong). Hah, hasil yang saya peroleh , saya gagal lagi.
Awal juli, Waktu yang bersamaan, ada USM STAN dan UM UGM. Saya mendaftar kedua-duanya. Di USM STAN saya mengirim berkas terlebih dahulu, dan sambil menunggu hasil dari pengumumuan kelulusan berkas saya ikut UM D3 UGM. Saya masih saja mengambil jurusan akuntansi dan menejemen. Setelah 1 minggu hasil yang saya peroleh tetap saja gagal. tetapi untuk USM STAN harus menunggu hasil sekitar 1 bulanan.
saat itu saya minder gan,emang sih, kalau temen2 kelas udah pada dapat almamater dan sebagian ada yang udah kerja. tambah lagi temen2 kampung saya pada ngejekin, tapi saya hanya bisa senyum (cz kenyataannya juga gitu).
Kalau orang tua saya (terutama ibu), pinginnya saya kuliah di STAN (konon katanya sekolahnya gratis dan bisa langsung kerja di depkeu), Tapi kan berat, saingannya banyak dan pinter2. saya pesimis untuk bisa lolos.
Sekitar akhir juli pengumuman kelolosan berkas USM STAN, Alhamdulillah saya lolos. Dan lanjut ke tes potensi akademik dan bhs. Inggris yang akan dilaksanakan sekitar pada sepertiga awal bulan agustus 2011. Saya mulai mempersiapakan untuk tes tersebut, mulai dari bimbel hingga belajar online. Saat itu sudah memasuki bulan ramadhan.
Malam sebelum tes TPA USM STAN, ditempat saya ada pengajian dan saya ditunjuk sebagai qori’ untuk tilawah. Saat itu saya menolak, karena saya ingin mempersiapkan buat besok tes. Saya terus dipaksa oleh panitia. dan setelah saya pikir-pikir, akhirnya saya menyagupinya.
Malam sebelum Tes TPA adalah saat pengajian. Jam 12 baru selesai, tapi tidak langsung pulang. Ikut beresin masjid sekitar setengah jam. Sekitar jam setengah satu saya baru tidur, dan jam 3 udah bangun lagi untuk sahur, dilanjutkan sahur dan sholat subuh. Kalo dihitung saya Cuma tidur 2.5 jam.
Setelah sholat subuh saya langsung berangkat ke lokasi tes. Sampai ditempat, saya mendapat tempat duduk paling depan, dan kursinya yang dipake miring alias tidak standar. Saya merasa ngantuk banget saat mengerjakan soal TPA, saya Cuma jawab asal asalan. saya tidak yakin kalau bisa lulus.
karena saya tidak yakin bisa lolos, saya berfikir untuk pending kuliah 1 tahun dan ingin mendaftar keja saja. saat itu saya mendaftar dengan mengirim lamaran ke beberapa PT besar di JABABEKA dan Karawang (PT. showa,toyota, yamaha,dll) dan juga di tambang emas PT. IMK kalimantan.
Sambil menunggu panggilan dan hasil dari tes TPA USM STAN, saya mencoba usaha jualan alat masak (parut). ke pasar2 tradisional, keliling klaten gan.
Setelah sebulan berikutnya pengumuman tes TPA keluar. Dan alhamdullah saya lolos dan lanjut ke tahapan berikutnya yaitu tes kebugaran. Dan saat tes kebugaran saya dinyatakan lolos dan lanjut lagi ke tes assessment, dan atas nikmat Allah saya lolos juga. tapi untuk panggilan kerja belum ada dan sudah tidak saya hiraukan lagi karean sudah lolos USM STAN.
Dengan begitu saya dinyatakan lolos tes USM STAN, dari sekitar 85 rb orang kemudian saya ikut 1.6 ribu orang yang terpilih. (dan setalah saya di STAN , baru mulai berdatangan panggilan kerja. untung saya duluan di STAN )

(Hikmahnya)
Saya baru menyadari bahwa saat berbagi ilmu atau apapun yang dipunyai kepada orang lain maka akan memperoleh timbal baliknya. seperti yang saya alami saat malam tes TPA, sebelumnya saya menolak untuk menjadi qori’, tapi setalah saya berfikir andaikan saya membagi sedikit ilmu yang saya punyai pasti akan lebih nikmat dirasakannya. Dan saya menyanggupinya, Alhamdulillah keesokan harinya saat tes saya merasa ditolong dalam menjawab soal-soal TPA, karena soal itu terlalu banyak dan susah dan juga waktu yang diberikan tak banyak. Maka janganlah prioritaskan kepentingan pribadi demi orang banyak/lain.
Hikmah yang kedua adalah ketika saya gagal dan gagal terus dalam setiap tes. Maka dengan gagalnya itu, saya merasa tambah dekat dengan Allah. Karena saya terus meminta dan meminta jalan keluar dari kegelapan ini. (manusia pada dasarnya akan meminta dalam kesulitan, tapi saat tak ada kesulitan maka akan lalai, sulit untuk istiqomah). Sekarang yang harus saya jalani adalah istiqomah untuk selalu dekat dengan Allah.
untung PTN laen sy blm keterima gan,, kalo keterima kan pastinya sy tinggalin/ lebih memilih utk STAN. jadinya Ga keluar duit buat bayar masuk PTN laen. karna teman2 sy STAN rata2 udah kuliah dan udh byr spmp ke PT, trus ditinggal dan mmilih STAN. sy baru sadar, itu adalah rencana Allah yg terbaik buat sy.

Pesan buat teman2 semua:
Jangan menyerah dengan kegagalan. Karena setiap orang pasti mendapat jatah kegagalan.
Selalu meminta do’a kepada orangtua terutama ibu.
Jangan malu untuk mencari rejeki walau buat anak muda itu dipandang kurang pantas.
Terimakasih atas partisipasi agan dan aganwati semua,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
--------------------------------------------


Cerita ke-2 dari agan garbarian, cekiberooootttt…..

ane juga dari keluarga yang keuangannya fluktuatif,, minus malah
ane lulus SMA tahun 2009 gan,,ane selalu di pingirkan sama temen2 ane soalnya ane dari keluarga kismin gan,, ane mah selow aja malah yang temen2 ane ga tau dari tahun 2008 waktu kelas 11 ane kerja part time cari duit untuk beli buku gan
ane selalu ngiri sama temen2 ane yang bisa beli ini itu,, yang paling bikin ane ngiri kalo ngeliat temen2 ane pergi les gan,, soalnya untuk makan aja susah ane ga berani minta uang buat les... tapi yang anehnya temen2 ane kalo ngeliat ane mukanya pada masam gan,, soalnya nilai ane selalu ga kalah dibanding mereka
waktu kelas 12 ane ngumpulin duit dari part time tersebut niatnya buat tes masuk PTN,,buat UN aja dulu ane keliling kakak kelas cari buku bekas,, ane juga pergi ke toko buku bekas buat cari buku bekas disana
ane pikir kalo ga masuk PTN pasti ane gabakal bisa kuliah gan
akhirnya ane nyoba UI gan ---->> Dapet :
ane nyoba Sampoerna School of Education (Program beasiswa total 168 juta) ,, dari 1200 pelamar cuma 30 yang diterima ----- >> ane dapet gan
nyoba STAN ----- > Dapet gan
pas pengumuman Sampoerna itu besoknya ada pengumuman UI,, jadinya ane muutusin untuk ngebatalin kontrak beasiswa sama sampoerna ...
dan karena pas pengumungan STAN ane lagi Ospek di UI ane sendiri bingung mau kuliah di STAN apa enggak,, soalnya niat ane daftar STAN untuk nyemangatin sahabat ane yang ngebet masuk STAN
Temen2 ane di UI yang kegilaan STAN pada sinis sama ane gan ,, mereka bilang "kok lo dapet sih?" ,, "sialan malah lo yang dapet" .. ane sih biasa aja gan,, cuma bisa sennyum2 doank,, secara ane juga ga minat sama akuntansi.. cita2 ane pengen jadi ilmuwan,, ngerancang sebuah benda berbasis elektromagnetik yang bisa dikembangkan buat ngatur cuaca
akhirnya tengah malem tiba2 ane dibangunin nyokap buat solat istikharah,,, and you know what? God gave answer to me.... gw pilih STAN gan... :
nah masalah baru nih,, keuangan super duper cekak,, mesti ngekos pula ,, kalo kuliah di UI kan bisa pulang pergi sambil bawa bekel makan,, jadi bisa ngirit
akhirnya ane memutuskan mengutang sebuah sepeda motor gan,, gw inget total sekitar 15an juta gan,, nih sekarang motornya lagi di depan gw, belom gw lunasin lagi
dari motor itu gw bolak balik rumah kampus sambil kerja sama orang gan ,, bayangin loh gan,, waktu semester 1 pulang ngampus gw langsung ke tempat kerja,, kerja sampe jam 12 malem, abis itu ane nginep di tempat kerja gan... ane melakukan itu selama semester 1...
ente tau Dinamika ,, semacam Ospeknya STAN lah ya.. ane gabisa ikut itu karna harus kerja cari duit gan.. dan temen2 ane dikampus pada ngehina ane karna ane ga ikut begituan gan.. mereka ga tau disaat mereka cuma dikasih simulasi kerasnya dunia kerja,, gw udah terjun langsung dialapangan,, yang dikatain bego lah sama pemberi kerja, di anggap remeh lah,, di puji2.. dikasih hadiah,, banyak deh gan ...
gw pikir gw bakal DO di semester 1 loh gan,,, waktu itu gw udah ngelirik PTN UI buat ikut SNMPTN lagi buat jaga2 kalo DO
akhirnya dari kerja, jualan, buka usaha gw bisa bayar kosan gw sendiri berikut beli semua isinya... sekarang tabungan gw ada 8jutaan dari hasil usaha gw sendiri ,, tapi tetep aja sebagai anak bungsu yang baik gw selalu pura2 agar terlihat manja dirumah :
buat teman2 ketahui kami bukan calon gayus,, bahkan kami adalah cetakan generasi perubahan,, perhatiin deh yang ketangkep,, mereka orang jaman2 orde baru kan ,, gw kurang disukai di kantor soalnya ga bisa ngikutin cara hidup seniornya,, punya cara hidup sendiri gw
sekarang lagi ngerjain tugas akhir nih gan,, doain yah september besok wisuda...
niat ane sih setelah wisuda pengen kuliah lagi ekstensi di UI jurusan akuntansi,, trus ngambil sertifikat CPA,, pindah ke perusahaan swasta... kumpulin duit... buka usaha deh buat modal di hari tua :
-------------------------------------------


Kalau mau langsung ngecek ke tkp: http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15572139
Gimana temen-temen setelah membaca kisah di atas?? Semoga buat temen-temen yang mempunyai asa untuk menimba ilmu di kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara bisa tercapai. Yang penting usaha dan doa maksimal. Bagaimanapun juga ALLAH SWT Maha Adil kok. Jadi tidak usah kawatir, tetapi yakinlah all is well dengan catatan selalu mendekatkan diri kepada ALLAH SWT.
Ane tunggu kisah-kisah menarik yang berhubungan dengan keterima di STAN dari kamuuuuu, ok!!!
Semoga bermanfaat, maaf bila banyak kekeliruannya, terimakasih….

Saudaramu, 25 Juli 2012



          Aang Fauzan


4 komentar:

Ya ini ada cerita lagi (dapat dari kaskus)

Ni pengalaman saya.Saya juga dulu tahun 2004 keterima masuk STAN di prodi pajak n sdh kuliah selama 1 tahun di sana.Tapi karena kuranka g sreg dengan gosip2 yg saya dengar dari kakak tingkat saya yg sdh lulus n bekerja di lingkungan Depkeu akhirnya saya memutuskan melarikan diri dari STAN dan mencoba SPMB n lulus di FK Unbraw.Alhamdulillah sekarang sdh jadi dokter.Kalo melihat dari sisi gaji saya sebagai dokter umum dan perjuangannya semasa kuliah, banyak orang baik keluarga saya ataupun tetangga dan teman yang menyayangkan keluarnya saya dr STAN, tahu sendiri lah gaji dan tunjangan di Depkeu sangat besar.Bahkan jika melihat teman2 saya ketika di STAN skrg yg sudah pada punya rumah dan mobil.Sedangkan saya harus berjuang keras untuk kerja dengan upah yang mgkn dibawah UMR. Tapi saya selalu menghibur diri bahwa pekerjaan saya adalah dapat menghasilkan uang dan pahala secara bersamaan, apalagi dokter adalah profesi yg mulia seperti guru.Apalagi kalo melihat berita bahwa pegawai pajak skrg jadi incaran KPK,Hanya ucapan syukur yg bs saya ucapkan.Ijazah SMA saya yg asli bahkan masih ada di STAN.maklum status sebagai pelarian

Cikibrit lagi..


Dua hari yang lalu pengumuman SNMPTN undangan dan anak-anak SMA dipenuhi rasa euforia akibat pengumuman itu. Banyak teman-teman yang sedih, ada juga yang gembira menyaksikan pengumuman itu. Tenanglah untuk yang belum universitas pilihannya, Allah pasti punya rencana rencana yang lebih indah untuk kalian.

Sekedar bercerita pengalaman saya kira sekitar 2 tahun yang lalu. Saya alumni SMA 61 Jakarta angkatan 2009 yang notabene SMA favorit di Jakarta dan sebagian besar siswanya diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) favorit. Ketika itu saya teman-teman harap-harap cemas menunggu hasil ujian masuk universitas. Kala itu, masih ada ujian mandiri dari tiap-tiap universitas. Saya dulu hanya ingin kuliah di UI, ITB, dan UGU. Ketiganya memamg kampus dambaan semua orang. Saya mengikuti semua jenis ujian yang diselenggarkan ketiga kampus tersebut. Mulai dari USM ITB baik yang daerah maupun terpusat, SIMAK UI, UMB, UTUL UGM, dan jalan terakhir meraih kampus impian yaitu SNMPTN.

Sedihnya, dari kesemua ujian itu saya tidak ada yang lulus. Saya tidak mengerti apakah pilihan saya yang terlalu tinggi, saya yang bodoh, atau saingan-saingan saya lebih pintar. Saya hanya bisa pasrah menerima hasil itu. Saya sedih tidak bisa membahagiakan kedua orangtua saya pada waktu itu. Saya sudah terdaftar menjadi mahasiswa di kampus swasta yang sebenarnya bukan impian saya. Namun, mau tidak mau saya harus berada di sana karena ya hanya di sana saya diterima. Hal yang paling sangat menyedihkan bagi saya ketika pelepasan siswa SMA 61 Jakarta. Saat itu, siswa yang sudah memperoleh PTN disebutkan namanyadi atas pentas. Nama saya, HUDA SUKMAWAN tidak terdengar di tengah-tengah gemuruh tepuk tangan guru, orangtua, dan teman-teman yang bangga akan pencapaian tersebut. Saya hanya termenung sedih menyaksikan kenyataan itu. Apa boleh buat, saya yakin Allah punya rencana yang lebih indah untuk saya.

Saat semua rangkaian ujian PTN yang menjadi impian saya sudah lewat, saya sudah tidak tau harus melakukan apa. Masih ada satu ujian lagi untuk Perguruan Tinggi Kedinasan yang ingin saya ikuti, yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang biasa orang kenal dengan STAN. Menyanggupi ajakan teman, daripada saya menganggur menunggu masuk kuliah, saya rela les untuk USM STAN yang tempatnya di Bintaro. Perjuangan saya cukup keras denga setiap hari selama 2 minggu berangkat dari Bekasi ke Bintaro yang jarak tempuhnya apabila naik motor memakan waktu selama 90 menit. Melawan kerasnya Jakarta saya rela melalui itu.

Penantian yang panjang pun tiba, USM STAN saya lalui, dan ketika pengumuman terpampang nama saya di hasil itu. Saya tidak percaya, apakah ini mimpi, ternyata tidak. Ketika saya bilang ke mama “ma, aku lulus STAN.” Mama langsung bilang kepadaku “Alhamdulillah Ya Allah, sekarang mama langsung nangis.” Ketika itu saya mengabari mama lewat telepon. Sungguh, saya tidak bisa menahan haru saat mengabari orangtua saya.

Hikmah yang dapat diambil dari postingan ini, Rencana Allah itu Indah. Hal yang tidak kalian duga dapat diraih. Peserta USM STAN saat itu sekitar 88000 orang dan yang dapat kuliah di STAN hanya sekitar 2000 orang. Saya yang ditolak di PTN favorit itu bisa lulus di STAN yang jumlah pesertanya sangat banyak itu. Jadi, untuk teman-teman yang belum keterima lewat jalur SNMPTN undangan tenang saja, Allah punya jalan lain untuk kalian.
Ikhtiar dan Tawakal, Insya Allah yang kalian inginkan tercapai.
Huda Sukmawan, Akuntansi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) angkatan 2009

hudasukmawan.tumblr.com

Bersyukurlah Dan jalankan tugas Anda senantiasa ingat berkah Dan siksa dari Tuhan.

kl aku sih lulus cpns pas umur udah mefet..aku lulus d3 keperwtan sempet kerja di rs swasta 7 th pas lairan anak ke dua aku keluar..jd nganggur deh 6 th dirumah..sempet kesawah juga nanem bawang merah..p
oh ya pas msh kerja dulu aku sempet ikut tes cpns 4 x tp nggak lolos..pas th 2008 ada tes cpns..umurku 34 lebih..udah tua..nggak pernah belajar lg..aku disrh suami ikut tes..pdhl udah males kerja..tp krn perintah suami jd ikut. pas tes aku sakit flu berat..and yg ikut tes msh muda2.aku minder banget and pesimis.padahal pas itu jg ada yg nawarin lolos cpns byr 60 jt tp aku nggak mau..boro boro uang 60 jt utk makan aja sulit..oh ya pas tes jg aku lg hamil 2 bln..tp aku bawa santai aja lillahitaalla..pas 3 hr sblm pengumuman aku mimpi raup kotoran manusia..kt orang tua kl mimpi ky gt mau dpt rejeki besar..tp aku setengah blm percaya..tp mimpi itu berulang sampe 3malam berturut turut. pas tgl pengumuman aku nggak beli koran aku merasa pesimis sih..tp alhamdulillah aku diterima dan nilaiku lumayan juga rangking 16 dari 26 orang yg diterima..pdhl yg ikut tes sampe 500 orang..ya begitulah pengalamanku. jangan putus asa.banyak berdoa dan berbakti pada orang tua yg utama.sampe sekarang aku percaya allah sdh mengatur semua rencana dengan indah buat aku dan anak anakku

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites