Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil, dan Mulai dari sekarang....!!! -aa Gym-

Jumat, 13 Juli 2012

Harga Piala


Tidak jarang kita menemukan kios-kios di pinggir jalan atau dimana pun yang menyediakan jasa percetakan piala. Dari keberadaan kios-kios tersebut kita bisa mengetahui harga untuk memesan sebuah piala dari harga yang sangat mahal hingga harga yang sangat terjangkau. Selain itu kita juga masih sangat dimungkinkan untuk melakukan negosiasi mengenai harga sebuah piala di kios-kios tadi. 

Sekarang pertanyaan yang layak menerjang pikiran adalah apakah harga piala itu akan tetap sama ketika piala tersebut telah diboyong oleh sang juara?? Tentunya piala yang sekarang sudah tidak bisa lagi dinilai dengan uang, kenapa?? Karena nilai material dalam bentuk uang yang dikeluarkan oleh panitia untuk membeli piala tersebut sekarang sudah berganti menjadi nilai kebahagiaan dan kebanggaan yang terkandung di piala tersebut. Dan piala tersebut akan tercatat dalam sejarah bahwa sudah berhasil dibawa pulang oleh sang juara.
Untuk lebih mempertegas lagi ilustrasinya sebagai berikut. Karena masih ada sedikit nuansa euro 2012 maka saya akan mencoba mengambil ilustrasi dari situ. Dan ini dia, saya cukup yakin kalau CR7 (Cristiano Ronaldo) dengan uang pribadi hasil dari berbagai macam penghasilan mampu membeli piala euro 2012 yang menjadi simbol kemenangan. Dengan catatan piala tersebut masih berada di tempat percetakan dan percetakannya mau mencetak atau belum diboyong Spanyol.  Karena kita tahu bahwa CR7 adalah salah satu pesepakbola yang memiliki gaji diurutan teratas sedunia untuk sekarang ini. Ini akan berbeda ketika piala tersebut sudah diraih oleh Spanyol setelah menaklukkan Itali 4-0. Kenapa?? Karena sekarang CR7 sudah tidak sanggup lagi membayar dengan uangnya yang melimpah untuk seolah-olah tim CR7 lah yang meraih piala tersebut. Bahkan semua rekan-rekan CR7 di tim Portugal kalau uang mereka digabung untuk “membeli” piala yang diraih Spanyol tetap tidak bisa. Hal ini dikarenakan CR7 dan rekan-rekan satu timnya tidak bisa membayar sejarah dengan uang supaya diakui menjadi juara. Coba bayangkan secara sederhana saja, mampukah CR7 cs dengan uangnya yang sudah melimpah untuk membayar setiap orang di dunia ini supaya mengakui secara iklas CR7 cs menjadi juara euro 2012?? Pasti tidak bisa!!! Sule saja mungkin akan bilang “ooooo, tidak bisaaaa”hehe. Ada satu lagi ni, menyangkut prestasi siswa SD. Kebanyakan siswa-siswa SD yang menjadi  juara pararel se-sekolahnya akan diberikan hadiah oleh pihak sekolah. Dan hadiah itu kemungkinan besar “hanya” buku, pensil, penghapus, atau alat tulis lainnya. Dan saya hampir yakin kebanyakan siswa yang juara itu sanggup membeli buku,pensil, dan alat tulis seperti dihadiahnya dengan menyisikan uang sakunya hari demi hari ataupun secara spontan langsung minta orang tuanya. Tetapi siswa yang cerdas tidak akan melihat nominal hadiahnya yang berbandrol pada level “hanya” tadi. Tetapi mereka lebih memaknai perjuangannya untuk menerima hadiah spesial dari sekolah karena berhasil juara pararel se-sekolah yang notabennya hal ini tidak bisa dinikmati oleh setiap siswa SD. Jadi akan timbulah kebanggaan dan kegembiraan yang melambung tinggi.
 Dari uraian di atas saya hanya ingin semakin membuka pikiran kita semua terhadap sebuah simbol kemenangan yang ternyata tidak bisa diukur dengan uang lagi. Sebab nilai material yang tadinya ada di simbol tersebut akan berubah wujud menjadi nilai kegembiraan dan kebanggaan yang luar biasa. Sehingga diharapkan ketika kita menjalani kompetisi kebaikan dalam kehidupan ini akan selalu berupaya secara maksimal untuk keluar menjadi sang juara tanpa harus itung-itungan terhadap hadiah yang didapatkan.
Cukup segini dulu, maaf bila ditemukan banyak kekurangan, terimakasih, dan semoga bermanfaat.

Saudaramu, 13 Juli 2012



         Aang Fauzan

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites