Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil, dan Mulai dari sekarang....!!! -aa Gym-

Rabu, 04 Juli 2012

Spanyol dan Itali


Dalam perhelatan akbar EURO 2012 kali ini Spanyol dan Itali mengawali serta mengakhiri pertandingan mereka dengan saling beradu di lapangan hijau. Mereka pertama bertemu di fase grup dengan kedudukan akhir 1-1. Dan mereka bertemu lagi di final EURO 2012 yang sekaligus sebagai pertandingan akhir bagi mereka di ajang ini dengan menghasilkan skor 4-0 untuk kemenangan La Foria Roja alias Tim Matador alias Spanyol (yang merupakan tim favorit saya juga, hehe). Dalam coretan saya kali ini, tidak akan membahas detail tentang seluk beluk dari pertandingan itu (karena sudah ada bung Towel yang sangat lebih manstab,hhehhe), tetapi saya akan mencoba untuk mengangkat makna dari 2 kali pertemuan tim tersebut dalam 1 ajang perhelatan.

Setelah adanya 2 pertandingan tersebut sangat pantas dan wajar bila dibenak kita terdapat banyak pertanyaan yang sangat membutuhkan jawaban. Seperti: apakah jumlah saksi mata yang mengikuti detik demi detik 2 pertandingan tersebut sama?; bagaimana persiapan semua pihak yang terlibat dalam 2 pertandingan tersebut?; apakah rasa penasaran dengan hasil 2 pertandingan itu sama?; dsb. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan seperti itu adalah pasti akan sangat berbeda hampir disemua lininya. Karena sangat jelas 2 pertandingan itu berbeda gengsi dan tingkatan yang cukup jauh walaupun pelaku dari 2 pertandingan tersebut adalah tim yang sama. Bagaimana ketika masih berada di fase grup bisa memperhitungkan secara matematis supaya timnya bisa lolos ke fase berikutnya walaupun pertandingan awal di fase grup kalah. Mungkin di fase grup ini hal yang paling penting adalah lolos ke fase berikutnya dan faktor kemenangan dalam setiap pertandingan di fase grup bisa dibilang bukanlah target terbesar dari sebuah tim. Hal ini sangat berlawanan dengan sebuah pertandingan final karena semakin banyak hal yang tak terpikirkan dan tak terduga menyertai di pertandingan tersebut serta yang pasti itu hanya akan terjadi 1 kali. Bagaimana sebuah tim pasti akan menargetkan kemenangan dalam pertandingan final tersebut dengan memunculkan berbagai macam cara terbaik yang di miliki oleh sebuah tim. Dan kemenangan pastilah faktor atau target utama disini. Sehingga hampir di setiap pertandingan final usai akan menghasilkan tangis kesedihan dan tangis kebahagiaan sebagai bukti dari hasil jerih payah dalam memperjuangkan pertandingan final tersebut. Tetapi hal ini hampir tidak terjadi di setiap pertandingan fase grup.
               Dari sedikit untaian kata di atas hal yang bisa kita maknai dan kita aplikasikan dalam kehidupan bahwa dalam hidup kita ini semuanya hanya akan berlangsung 1 kali. Artinya dalam usia kita 19 tahun 5 bulan 12 hari dan 56 detik itu hanya akan kita nikmati 1 kali tanpa siaran ulang lagi. Hal ini layaknya sebuah pertandingan final yang hanya terjadi 1 kali dan pasti akan menghasilkan sang juara yang disejarahkan oleh zaman. Berarti secara tidak langsung setiap detik perjalanan hidup kita ini layaknya sebuah pertandingan final yang pasti sangat menentukan bagaimana nanti kedepannya. Alangkah baiknya dalam setiap detik hidup kita ini dimunculkan semangat jiwa finalis. Bagaimana kita selalu mengupayakan mengeluarkan kemampuan terbaik, tidak mau melewatkan momen hidup ini dengan begitu saja, berusaha semaksimal mungkin untuk menang dalam pertandingan dan semangat-semangat pertandingan final lain yang bisa diaplikasikan dalam hidup ini.
Jadi tetap semangat dalam memperjuangkan pertandingan final di setiap detik hidup kita ini dan bersiap-siaplah untuk mengangkat tropi juara 1 yang telah disediakan “panitia”  diakhir perntandingan final hidup kita nanti. Hal yang susah menjadi mudah dan hal yang mudah menjadi sangat mampu kita kerjakan ketika kita sudah bertekad mau memperjuangakan dengan sepenuh hati. SEMANGAT!!!
Kiranya coretan kali ini sampai disini dulu, mohon dimaafkan bila banyak sekali hal yang masih perlu diperbaiki karena ini juga masih proses belajar. Sangat terima kasih kepada rekan-rekan semua.

Saudaramu, 5 Juli 2012



        Aang Fauzan


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites