Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil, dan Mulai dari sekarang....!!! -aa Gym-

Kamis, 05 Juli 2012

Harga Hasil dari Berlatih


Kali ini saya akan mengutip hal yang menurut saya menarik dari sebuah buku karangan ust. Aris Ahmad Jaya (menurut saya salah satu motivator Indonesia yang luar biasa). Jadi akan saya coba untuk menuliskan kembali melalui tulisan di media ini. Dan ceritanya seperti ditampilkan berikut ini.
Charles Proteus Steinmetz adalah engineer elektrik handal yang terkenal, yang dulu bekerja di General Elektric. Setelah Steinmetz pensiun, pernah GE mengalami kerusakan mesin yang parah. Karena tak ada satu engineer pun yang dapat menangani, akhirnya Steinmetz dipanggil kembali sebagai konsultan.
Steinmetz berkeliling di sekitar mesin-mesin, mengukur sana-sini, dan mencatat di sebuah buku kecil. Beberapa saat kemudian, ia mengambil kapur tulis, dan member tanda silang “X” besar di sebuah modul. Para engineer melepas modul itu, dan segera menemukan kerusakan di bagian itu. Setelah bagian itu diganti, mesin berfungsi normal.
Steinmetz menagih GE sebesar $10,000. Tapi eksekutif GE keberatan. Mereka bilang, “Masa hanya untuk sebuah tanda silang, kita harus bayar sedemikian besar.” Maka mereka meminta Steinmetz untuk memberikan rincian tagihan. Steinmetz pun membuat rincian sebagai berikut:
·        Membuat tanda silang $1.00
·        Menentukan posisi tanda silang $9999.00
·        Total $ 10000.00


Dari sepenggal kisah di atas dapat kita ambil sebuah makna yang sungguh luar biasa. Bagaimana untuk menjadikan seseoranng ahli dalam suatu bidang itu memerlukan waktu dan pengorbanan yang tidak sedikit.  Mungkin kisah di atas “hanya” menentukan posisi kerusakan mesin dan terlihat sepele, tetapi menurut saya Steinmetz pasti telah mengorbankan segala hal untuk berlatih itu dari jauh-jauh hari sebelumnya sehingga sudah terbiasa menangani hal semacam itu.  Itulah makna pengorbanan yang sesungguhnya. Semua investasi pengorbanan di masa lalu perlahan akan terbayar tuntas dan tergantikan dengan jumlah yang lebih.
Tetaplah berlatih, berlatih, dan berlatih hal-hal yang bermanfaat.  Sehingga akan menghasilkan sebuah produk kemampuan diri handal yang dibutuhkan oleh orang lain serta pantas seandainya dibayar mahal pun.
Kiranya coretan kali ini sekian, maaf jika masih banyak hal yang perlu perbaikan karena ini juga lagi belajar. Semoga bermanfaat dan sangat terima kasih.

Saudaramu, 5 Juli 2012


       Aang Fauzan

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites