Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil, dan Mulai dari sekarang....!!! -aa Gym-

Rabu, 06 Juni 2012

Al-Ikhlas Tetap Favorit


Dari beberapa tempat yang pernah saya datangi berdasarkan analisis pribadi, didapatkan hasil ternyata ketika membentuk barisan sholat berjamaah kecil khususnya dengan temen-temen yang sepantaran sesudah bacaan Al-Fatekhah dalam sholat selesai biasanya dilanjutkan dengan surat pendek “favorit”  yang sering kita sebut Kulhu atau Surat Al-Ikhlas. Di sini hal yang pengen sedikit saya sorot adalah apa sebenarnya penyebab kok sebegitu favoritnya Kulhu yang disertakan dalam sholat sehari-hari?? Saya melakukan hal ini dengan dasar tidak menyalahkan hal itu karena bagaimana pun juga Surat Al-Ikhlas adalah surat yang mulia. Saya pun juga akrab dan sering menyertakan surat ini dalam sholat saya sehari-hari.
             Menjadi trend senternya Kulhu ternyata memang banyak faktor daya tarik yang mendukung, seperti : surat tersebut tidak begitu panjang sehingga lebih mudah di hafal dan apabila di pakai dalam sholat kemungkinan untuk salah sangat kecil. Selain itu ternyata membaca surat Al-Ikhlas 3 kali sama dengan mengkhatamkan Al-Quran. Dari hal itu dapat terlihat betapa mulianya surat ini. Sehingga sangat pantas kalau hampir pasti setiap umat muslim di dunia telah hafal surat ini di luar kepala.
            Saya hanya mencoba mengajak merenung dan sedikit membayangkan bagi kaum muslim khususnya para pemuda muslim yang termasuk saya sendiri juga. Betapa indahnya ketika kita mampu memiliki hafalan surat yang banyak dari Al-Quran??  Dan betapa senangnya ketika kita sholat kemudian berkesempatan menjadi Imam mampu melafaskan secara lancar surat-surat Al-Quran yang bervariasi tidak hanya terbatas pada sedikit surat saja??? OOOO, itu nikmat sangat luar biasa yang bisa menjadi inspirasi bagi banyak kaum muslim untuk lebih giat dalam menghafalkan surat di dalam Al-Quran.  Hal ini mungkin akan terasa lebih hikmat dan nikmat lagi ketika kita sudah berkeluarga nanti, bagaimana kita mampu memimpin dengan baik sholat berjamaah yang diikuti istri dan anak-anak kita. Tentunya hal ini akan lebih memuaskan serta membuat bangga mereka.
               Jadi marilah mulai dari sekarang kita budayakan untuk giat menghafalkan surat-surat yang ada di dalam Al-Quran. Mulailah dari yang paling mudah dan terus hingga surat-surat yang panjang. Kalau kita sudah memiliki niat pasti ALLAH akan memudahkan jalan kita apalagi ini menyangkut hal yang baik. Semakin kita memiliki banyak tabungan hafalan surat maka semakin berarti juga hidup kita baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Dan hal yang perlu diingat kalau suatu saat nanti kita telah berhasil mengantongi banyak hafalan surat, saya bukan berarti merekomendasikan untuk tidak menggunakan Kulhu dalam sholat. Karena bagaimana pun juga Kulhu adalah surat yang begitu mulia jadi tetap digunakan walaupun sudah banyak hafalannya. Silakan tetap istiqomah dalam mengeksiskan Kulhu tetapi setidaknya kita telah mempunyai tabungan hafalan surat yang cukup banyak dan ketika suatu saat nanti dibutuhkan dengan senang hati kita sanggup melafaskannya dengan lancar.
         Ayo saudara-saudara muslim manfaatkan waktu yang masih tersisa untuk kita ini dengan memanfaakan secara maksimal dan bermanfaat bagi semua. Karena hal yang ditunda-tunda hanya akan membuat kita kecewa saja. Semakin kita cepat memulai berarti semakin besar kesempatan kita untuk lebih cepat berhasil. Seperi kata aa Gym mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang, dan mulai dari yang paling mudah. Mungkin itu salah satu prinsip yang bisa kita terapkan ketika menjalankan proses menghafalkan surat-surat dalam Al-Quran.
               Begitulah coretan saya kali ini, apabila ada banyak hal yang kurang berkenan mohon dimaafkan secara iklas. Karena saya baru mulai belajar. Semoga bermanfaat.

Terima Kasih
Saudaramu, 7 Juni 2012



        Aang Fauzan

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites