Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil, dan Mulai dari sekarang....!!! -aa Gym-

Rabu, 17 Oktober 2012

Berkembang dan Berbeda tetapi Banyak yang Layak Dipertahankan


Cukup sering kita mendengarkan cerita ‘klasik’ dari sesepuh kita, dari situ kita biasanya akan bisa melihat bagaimana kerinduan sesepuh kita pada zaman ketika cerita itu terjadi. Baik 10, 15, 20, atau bahkan 50 tahun yang lalu. Bahkan kalau saya sering merasa ‘iri’ untuk bisa hidup di masa yang diceritakan tersebut. Sebagai contoh ketika zaman dulu saat TV masih jarang, katanya satu desa itu biasanya nonton siaran TV di Balai Desa atau Kantor Kecamatan. Bisa saya bayangkan bagaimana kebersamaan itu tergali penuh kemeriahan. Bisa saling jumpa, saling sapa, atau saling tertawa secara langsung. Tetapi tak bisa saya pungkiri pada zaman dahulu pasti juga ada saat-saat dimana perubahan itu ingin cepat berlangsung.

Dan perubahan yang ditunggu-tunggu oleh tak sedikit masyarakat tersebut akhirnya sedikit demi sedikit mulai bisa dirasakan. Dari perubahan yang perlahan hingga perubahan yang super cepat, dan dampaknya bisa kita amati pada zaman ini. tak sedikit masyarakat kita yang terkesan belum siap menerima perubahan, ada yang siap, dan ada yang sangat siap. Bagaimana dengan Anda??

Mungkin kalau saya belum terlalu menikmati masa-masa terdahulu sekali, tetapi sedikit membandingkan masa ketika saya TK dan sekarang jelas sangat berbeda. Merindukan masa seperti TK itu pasti sering terngiang dalam pikiran. Tetapi menatap optimis zaman sekarang dan mempersiapkan ke depan itu menurutku jauh lebih penting.

Sebenarnya hal yang pengen saya ketahui adalah sebenarnya tuu kenapa tak sedikit orang-orang yang pernah merasakan zaman dahulu sekitar era 70-an, 80-an kokk merindukan masa itu lagii?? Saya mencoba mencari tahu hal itu, walaupun belum semuannya terjawab tuntas tapi setidaknya saya bisa menarik sedikit kesimpulan. Salah satunya, ternyata di zaman dahulu itu hidup terasa lebih kekeluargaan bagaimana kerjabakti, gotong royong atau kumpul-kumpul itu bisa terjadi secara meriah dan memang itu hal yang menyenangkan serta ditunggu-tunggu. Tetapi sekarang untuk melakukan hal semacam itu yang belum tentu tiap bulan ada, untuk sekedar kelihatan saja rasanya beraaattt. Dan tak bisa dipungkiri itu pun sering melanda pada diri saya sendiri.

Mungkin ini sebagai bahan untuk kita semua, ternyata dengan perubahan zaman yang telah terjadi tidak berarti kita harus meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang sebenarnya masih sangat baik dan layak untuk diterapkan di zaman sekarang.

By: Aang Fauzan

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites