Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil, dan Mulai dari sekarang....!!! -aa Gym-

Senin, 01 Oktober 2012

Jejakku di D1


Selasa 10 Juli 2012
Jam 07:40:59 PM saya mendapatkan jarkom sms mengenai jadwal kuliah esok hari, sms tersebut seperti ini: (kebetulan belum saya hapus)
Jarkom
-saipi kosong d ganti jumat jam 1, cek bundadhafiz.blogspot.com
-hkn jm 11.00 @c101
-etprof jm 14.00 @j304
-bahas angsuran makrab, dan tgs buku ya
Setelah membaca sms itu pikiran saya dihinggapi perasaan bahwa besok berarti masuk siang alias malam ini bisa begadang, hehe.. Saya pun telah membuka blog dosen saya untuk membuktikan kalau jadwal pagi di esok hari bener-bener diganti ke hari lain. Ohhhhh, ternyata emang bener jadwalnya diganti. Kondisi tersebut semakin mengiyakan saya untuk begadang malam ini. Alhasil saya bener-bener begadang malam ini dengan melanjutkan tradisi ngebrosing menjelajah berita-berita yang di tampilkan dari situs yang saya masukkan. Padahal kalau besok tidak masuk siang malam ini sudah saya jadwalkan untuk menyicil tugas pembuatan CV, tetapi karena besok masuk siang jadi saya menjanjikan pada diri sendiri untuk membuat CV besok pagi saja. Malam ini saya menjelajah ke banyak situs yang yahuuud pokoknya. Dan saya pun sempat mengisi 2 artikel di blogku yang berlatarbelakang inspirasinya dari brosing internet malam ini.
Kira-kira jam setengah 12 malam saya meluncuuuur mantap ke blognya mas Saptuari (www.saptuari.blogspot.com monggo kalau mau bertamu ke situ juga) satu, dua, dan seteruuuuuusnya baris mulai ku baca tulisan nyentrik ala mas Saptu. Semakin banyak barisan yang saya baca ternyata saya harus mau menerima risikonya yaitu tidak bisa membendung tetesan air mata mengharukan di malam ini. Ditemani lagu-lagu band Indonesia semakin indah malam ini saya lewatkan. Ketika saya melemparkan tatapan saya di jam dinding kamar ternyata jarum pendeknya sudah mencapai titik setengah 2an. Saya “terpaksa” mengakhiri mbaca artikelnya mas Saptu walaupun sebenarnya masih banyak artikel yang belum saya baca( padahal kepengen aku baca malam ini juga). Sebelum tidur saya menyempatkan mengambil air wudhu dan shalat tahajud karena memang kondisi malam ini membuat saya lebih semangat dalam beribadah (padahal label saya untuk shalat tahajud sekarang masih bolong-bolong alias kadang mau kadang yaaa tidak, hehe.. tetapi tetap sangat pengen bisa istiqomah selaaaaalu shalat tahajud). Sekitar jam 2 saya langsung mengambil posisi ternyaman di ranjang kamar. Jebretttt, tidur dehhhhh…
Rabu, 11 Juli 2012
Saya terbangun sekitar jam 06.05 AM padahal saya sudah memasang alarm hp jam 04.30an, tetapi tetap saja tidak bangun jam segitu hehe. Karena sepengetahuan saya bahwa batas akhir shalat subuh itu sekitar jam 6 pagi maka pagi ini saya dikategorikan telat kalau shalat subuh. Tetapi saya mendapatkan pengetahuan lagi kalau kita bangun pagi kesiangan maka langsung saja mengambil air wudhu dan langsung saja shalat subuh. Hal ini bisa dilakukan asal jangan keseringan dan disengaja lhooo. Alias ini dilakukan sekali-kalai saja dan tentunya tidak disengaja.
Habis shalat subuh saya kepikiran untuk tidur lagi karena masih lumayan ngantuk. Tetapi saya teringat kalau punya tanggungan membuat CV yang seharusnya sudah saya kerjakan tadi malam. Akhirnya saya tidak jadi melanjutkan tidur. Saya pun langsung membuka seperangkat alat kerja saya, ehhh ia seketika saya teringat bahwa tadi malam saya baru saja mendownload e-book Sirah Nabawiyah. Maka saya memutuskan sampai jam 7an membaca e-book tersebut sedapatnya, karena saya memang kepingin tahu lebih detail tentang Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Terlebih-lebih pemetor saya bilang untuk diusahan bisa mengkatamkan membaca Sirah Nabawiyah sampai nanti lulus kuliah ini.
Setelah jam 7an saya keluar kamar untuk sarapan, becanda dengan ponakan, dan hal lainya. Kira-kira jam 8 saya masuk kamar lagi untuk mengerjakan CV seperti janji tadi malam. Sebelumnya saya mengecek hp, ternyata ada sms masuk dari ketua kelas kurang lebih seperti ini “ay dtg” dan saya pun membalasnya “dtg opo nda?”. Sms itu lama tidak dibalas, saya pun memulai mengerjakan CV dan sekitar jam setengah 9 ketua kelas membalas sms yang intinya bilang“kuliah ndes, tapi sekarang udah kelar.”
Kondisinya mulai tidak mengenakkan ternyata hari ini kuliah Etika Profesi PNS jam 7 pagi dan saya tidak dapat kabar itu. Yang saya tahu sampai sebelum mendapatkan sms pagi ini bahwa etprof akan dimulai pukul 14.00. Saya pun sedikit kecewa dengan sistem jarkom kelas karena hal penting seperti jadwal masih saja ada yang tidak tahu infonya. Tetapi bagaimanapun juga hal ini sudah terjadi, saya tetap berusaha nyantaiiii saja dan seketika inget kata pak Anies Baswedan kurang lebih“berhentilah mengutuk kegelapan, marilah menyalakan lilin.” Saya akan menyalahkan siapapun juga matakuliah etprof sudah berlalu jadi yasudah lah tidak apa-apa. Tetapi hal yang ada dibenak saya kalau saya harus menemui dosen etprof yang sering kita panggil Pak Pri, untuk bilang “maaf tadi saya tidak masuk karena tidak dapat kabar kalau jam kuliahnya dimajukan.” Karena memang kebetulan saya menimba ilmu di kampus “plat merah” sehingga mahasiswanya mau tidak mau harus mau tertib mengikuti semua aturan yang berlaku. Jadi tidak masuk kuliah itu rasanya rugi apalagi tidak ada kepentingan apa-apa. Kalau tidak tertibbbbbb ujung-ujungnya bisa di DO coyyyyy. Pikiran saya pun mulai melayang wah iya ya ini kuliah etprof (etika gitu lhohhh)terpaksa harus saya lewatkan begitu saja. Lagi-lagi harus bilang yasudahlah tidak apa-apa.
Sekitar jam 09.45 saya mandi dan dilanjutkan sholat dhuha+tilawah sedapatnya sambil menunggu jam mendekati pukul 11 (jadi efisien karena tidak terlalu lama menunggu mulai kuliah HKN jam 11, hehe). Jam 10.45an dengan pakaian kemeja abu-abu muda lengan panjang yang seperti biasa saya lipat lengannya 3X dipadukan celana bahan berwarna hitam saya langsung capcuzzzz berangkat dengan sepeda mini merk united berwarna pink punya keponakanku. Di jalan saya mengayuh sepeda dengan santai, menyapa dengan nyantai bapak-bapak yang sering mengantarkan air galon ke rumah dan akhirnya 13an menit kemudian sampailah di kampus tercinta. Hal yang langsung teringat bahwa saya sebisanya dan secepatnya harus menemui pak Pri dan bilang seperti tadi.
Hal yang sangat mengejutkan adalah ketika saya berjalan menuju kelas di gedung C dan ternyata sangat tepat dengan pak Pri yang baru saja keluar dari gedung C. Ditambah lagi saya tidak harus mengejar-ngejar untuk menemui pak Pri karena memang kita persis berpapasan, hal ini terjadi seperti ada sutradaranya dan sutradara itu sedang berpihak kepada saya. Karena memang kejadian ini seperti yang saya rencanakan, bahkan lebih enak karena saya diberikan bonus untuk tidak mencari pak Pri. Subhanallah….
Saya pun dengan segera mengulurkan tangan untuk berjabatangan dengan pak Pri dan bilang yang intinya “maaf kalau tadi tidak masuk karena tidak dapat jarkom.” Serta yang tidak terduga-duga lagi dengan ringannya Pak Pri bilang kurang lebih“oooo, yauda ntar bilang temannya(ketua kelas) untuk diabsen” WOWWW.. Berarti hari ini aku dianggap masuk donkkkk(mungkin Pak Pri memaklumi saya pagi ini karena jadwalnya memang berubah cukup mendadak serta melihat etiket baik saya untuk minta maaf dengan wajah yang memelas, hehe). Dengan segera saya langsung meluncuuuur ke kelas dan yang mengherankan lagi beberapa temen bilang kalau saya masuk dalam 4 anak di kelas yang nilainya lumayan pada matakuliah etprof. Lagi-lagi harus bilang WOOOOWWWW, padahal aku ngarasa sedikit  kecewa sehabis UTS etprof karena open book dan saya tidak membuka fotokopian yang saya bawa padahal dari fotokopian itu banyak yang keluar. NYESEGGGG MENNN, tapi pada waktu itu saya bilang yoweeeesssss gapapa lawong sudah lewat kok.hehe..
Dari pengalaman pribadi di atas saya bukan bermaksud sombong, riya, atau semacamnya lhoooo. Tetapi saya hanya ingin berbagi pengalaman sadja kok. Ternyata kalau kita dalam kondisi yang seharusnya pantas kesal, marah, menyalahkan siapa saja, atau yang semacam itu tetapi kita bisa mengendalikan dan mengontrolnya untuk tidak diamarahkan secara salah maka seakan-akan kita diberikan skenario mengejutkan yang akan membawa kita dalam posisi menguntungkan serta tidak terduga-duga. Percaya?? Semoga sadja iyaaaa. Silakan dicoba sadja…
Pikiran saya pun terbang melayang beranggapan bahwa “surpreessss skenario” bertemu secepatnya dengan Pak Pri tanpa harus muter-muter mencari, dikasih “bonus” anggapan hadir kuliah secara gratisssss lagi atau mendapatkan nilai yang tidak membuat saya remidi itu adalah balasan dari Gusti ALLAH sebab tadi malam saya sholat tahajud, paginya sholat dhuha+nderes Al-Quran. Yang tentunya hal itu belum bisa saya lakukan tiap hari untuk waktu sekarang ini, tetapi kebetulan sekali saat itu saya berhasil mengkombinasikan 3 hal tersebut. Dan semoga seterusnya kita semua bisa melaksanakan 3 kombinasi ibadah atau bahkan lebih secara istiqomah, amieeeen..
Jadi alangkah baiknya ketika kita bisa melengkapi kombinasi ibadah kita dalam sehari-hari. Ditambah lagi kita bisa mengendalikan diri secara baik. Ooohhhhhhhh pasti sangat indah hidup ini,,,, akan banyak supresssss-surpressss yang ciamiiiikkkkkkk dan mengagetkan coyyyyy…
Cukup sekian pengalamannya, mohon dimaafkan bila banyak hal yang tidak berkenan, terima kasih, dan semoga bermanfaat.
Dan tidak afdhol kalau nga bilang, MANA CERITAMU???? hehe

Saudaramu, 13 Juli 2012


       Aang Fauzan

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites