Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil, dan Mulai dari sekarang....!!! -aa Gym-

Kamis, 04 Oktober 2012

10 Karakteristik Pesepakbola Kelas Dunia




Semua orang memiliki pendapat masing-masing mengenai karakteristik pemain kelas dunia. Parameter yang digunakan untuk menilai kehebatan seorang pemain juga boleh berbeda.
Ada yang menganggap bahwa pemain hebat adalah mereka yang bisa memenangkan banyak trofi. Sebagian lagi menganggap bahwa pemain yang memiliki jiwa kepemimpinan yang patut disebut sebagai pemain hebat.
Bakat, kerja keras dan kecintaan terhadap sepakbola juga berperan pada kesuksesan seorang pemain.
Berikut ini adalah daftar karakteristik yang dimiliki oleh pemain-pemain hebat. Sekali lagi, semua orang boleh memiliki pendapat yang berbeda, termasuk anda.

1.      Teknik Tinggi
Kemampuan teknis menjadi sangat penting untuk bisa membentuk link dengan tim. Semua pemain hebat memiliki kemampuan untuk menerima dan mengirim umpan dengan sempurna. Dalam beberapa posisi, memiliki kemampuan dribbling yang mumpuni juga merupakan hal yang wajib.
Setiap posisi memiliki tuntutan teknis yang berbeda. Namun ada persyaratan teknik dasar yang sama yang harus dikuasai semua pemain. Passing adalah yang paling utama.

Pemahaman Permainan
Semua pemain melihat permainan dengan cara mereka sendiri. Namun harus diakui bahwa beberapa pemain bisa membaca permainan lebih baik dari yang lain. Pemain dengan pemahaman permainan yang baik akan bisa membuat keputusan bagus dalam setiap situasi yang dihadapi timnya.
Pemahaman terhadap permainan akan selalu berkembang seiring bertambahnya pengalaman sang pemain. Tetapi pemahaman juga bisa didapat dengan cara melihat dan mengamati permainan tim lain.
3.      
        Kemampuan Play-Making
Semua pemain hebat memiliki kemampuan untuk mengembangkan permainan, bahkan jika posisinya adalah penjaga gawang. Dalam sepakbola modern, semua pemain harus punya visi dalam mengembangkan permainan.
Tugas untuk menentukan permainan secara umum di lapangan memang masih menjadi milik playmaker. Meski demikian, ada mini-play yang harus bisa diciptakan oleh semua pemain. Adanya posisi deep-lying playmakerdan deep-lying forward semakin menegaskan krusialnya kemampuan ini.


4.      
Kecepatan
Kecepatan bukan hanya mengenai top speed yang bisa dicapai oleh seorang pemain. kecepatan di sini adalah kemampuan sang pemain untuk bisa berakselerasi dan bergerak melewati pemain lawan.
Kecepatan bisa berbentuk kemampuan berlari cepat, kekuatan tubuh, dan kelincahan. Gelandang kelas dunia seperti Xavi atau Andrea Pirlomampu melepaskan diri dengan cepat dari kepungan lawan hanya dengan satu atau dua langkah cepat.

Komitmen Besar
Semua pemain besar tak pernah puas dengan apa yang mereka capai. mereka memiliki komitmen untuk terus mengembangkan kemampuan diri demi meraih hal-hal besar.
pada awalnya, semua pemain hanyalah seorang anak yang menyukai sepakbola. Mereka menjadi besar karena mereka punya kemauan keras untuk selalu berkembang. Hasrat itu tak akan pernah surutsampai akhirnya sang pemain memutuskan untuk pensiun. Contoh terbaik untuk pemain dengan komitmen besar adalah Cristiano Ronaldo. Ia jelas memiliki bakat besar, namun ia tak pernah lelah memperbaiki penampilannya dengan berlatih keras setiap hari.



Kemampuan Membuat Perbedaan
Salah satu ciri pemain hebat adalah bisa membuat perbedaan akan hasil akhir suatu pertandingan. Mereka masuk ke lapangan bukan hanya sebagai 'penumpang' atau asal ikut bermain saja.
Yang paling terlihat tentu saja jika sang pemain mampu mencetak gol. Namun kiper dan para pemain bertahan juga bisa membuat perbedaan besar. Ingatkah anda dengan penyelamatan gemilang Gianluigi Buffonpada final Piala Dunia 2006? Andai saja Buffon gagal menyelamatkan tembakan Zidane itu, mungkin Italia tak akan menjadi juara.

Pengaruh Positif
Semua pemain hebat memiliki efek positif terhadap rekan-rekannya. Yang pasti, kehadiran pemain bagus tentu akan mampu menambah rasa percaya diri seluruh tim. Beberapa pemain bahkan mampu menularkan aura positif mereka di luar lapangan.
Mampu memberikan semangat ketika timnya bermain loyo, memberi pujian kepada rekan yang tampil bagus, dan biasanya juga memiliki jiwa kempemimpinan. Kehadiran John Terry memiliki dampak yang besar kepada permainan The Blues. Merasa lini belakang mereka terjaga dengan baik, lini Chelsea yang lain bisa leluasa melakukan penyerangan ke gawang tim lawan.



Kemampuan Mengambil Keputusan
Situasi yang berbeda membutuhkan reaksi yang berbeda. Ketika berada di lapangan, para pemain harus bisa menentukan aksi apa yang akan dia lakukan setiap menghadapi situasi tertentu.
Seringkali, pemain hanya memiliki waktu sepersekian detik untuk membuat keputusan. Pemain-pemain kelas dunia hampir selalu mampu menentukan langkah yang tepat setiap kali harus membuat keputusan. Kemampuan untuk membuat keputusan  secara cepat dan efisien inilah yang biasanya hanya dimiliki oleh pemain kelas atas.

Adaptasi Bermain Cepat
Dalam sepakbola level tertinggi, semua berjalan dengan cepat. Pergerakan bola, penggunaan teknik dasar dan penyerangan semuanya dilakukan dengan sangat cepat.
Skill yang tinggi tak akan berguna jika sang pemain tak mampu beradaptasi terhadap kecepatan permainan. Semua pemain kelas dunia harus bisa memperagakan permainan bagus, bahkan dalam laga dengan tempo yang sangat cepat.

Perilaku Baik
Bakat besar dan kemampuan hebat tak menjamin masa depan cemerlang bagi pemain sepakbola. Tak ada pelatih yang suka berurusan dengan pemain nakal. Yang lebih menyusahkan dari pemain nakal adalah pemain yang merasa sebagai yang terlalu hebat.
Merasa sebagai yang terhebat bukanlah perilaku yang salah. Tetapi bagaimana cara seorang pemain menyikapi pendapatnya itu yang penting. Jika merasa hebat lalu tak mau berlatih serius, maka habis sudah karier sang pemain. Sir Alex Ferguson adalah pelatih yang paling tegas menindap pemain nakal. Ia tak segan melepas pemain kunci jika berani bermasalah dengan dirinya.



sumber: Bola.net



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites